Dosen

Kampus STIE Kasih Bangsa merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berbasis multi kultural dan multi religi, untuk mencetak ouput (kelulusan) yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang tangguh, ulet, konsisten, disiplin dan bertanggung jawab serta memiliki Skill, Kompetensi dan keilmuan yang sesuai dengan perkembanghan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang bernafaskan iman dan takwa dalam koridor etika, moral, dan hukum sehingga menjadi lulusan yang profesional, unggul dan terpercaya maka STIE Kasih Bangsa menerapkan Standar Akademik dan Standar Beasiswa mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kasih Bangsa memelihara relevansi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan melalui kajian kurikulum secara berkala. Kajian kurikulum yang dilakukan lebih ditekankan kepada content untuk menyesuaian dengan kebutuhan dan perkembangan yang telah dan akan terjadi pada dunia usaha dan pendidikan. Monitoring dan mekanisme feed back bagi mahasiswa dilakukan dengan cara, pada akhir perkuliahan mahasiswa mengisi angket tentang penyelenggaraan proses pembelajaran yang berlangsung pada semester tersebut. Hasil ini dipakai untuk perbaikan diri, baik yang menyangkut aspek akademik mapun non akademik.

STIE Kasih Bangsa selalu berdiskusi dengan berbagai mitra dari berbagai sektor usaha untuk menyempurnakan rumusan kompetensi lulusan. Forum diskusi semacam ini sebagai upaya STIE Kasih Bangsa untuk mengembangkan kurikulum berdasarkan kebutuhan stakeholders. Kemitraan dengan kalangan dunia usaha memiliki kontribusi yang signifikan dalam hal penyempurnaan kurikulum dan peningkatan kualitas mahasiswa/lulusan yang akan berujung pada semakin tingginya daya saing lulusan. Standar kompetensi lulusan masing- masing program studi mengacu kepada  deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI dan memiliki kesetaraan dengan jenjangkualifikasi pada KKNI. Penyusunan kualifikasi kompetensi lulusan melibatkan dosen dan pemengku kepentingan (Stakeholders) yang relevan. Setiap program studi di STIE Kasih Bangsa memiliki mekanisme  pemutakhiran capaian pembelajaran lulusan berdasarkan spesifikasi atau identitas program studi serta rumusan kompetensi yang ditetapkan.

Kurikulum Program Studi dikembangkan melalui tahapan evaluasi, perencanaan pengembangan, pelaksanaan dan penyempurnaan. Kurikulum dikembangan megacu pada kebutuhan pasar, dunia industri, peraturan pemerintah, edaran kemendikbud, serta saran dan masukan dari organisasi yang berkaitan seperti IAI, IAMI, AMA, LPPI APTISI dan lain- lain.  Kurikulum dikembangkan dengan berlandasrkan prisnip berorientasi pada tujuan, prinsip relevansi, prinsip efektivitas dan efisiensi, prinsi[ kontinuitas dan fleksibelitas dan prinsip integrasi. Karakteristik proses pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, konstektual, tematik, efektif, kolaboratif dan berpusat kepada mahasiswa. Proses pembelajaran dengan pola persentasi yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang sehingga memotivasi mahasiswa untuk membangun diskusi aktif  sehingga memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kretivitas dan kemandirian mahasiswa.

Program Akademik STIE Kasih Bangsa

03

STIE Kasih Bagsa berusaha mengembangkan sumber daya dengan cara mengirimkan para dosen untuk mengikuti studi lanjut bergelar dan studi lanjut non-gelar, menyelenggarakan seminar atau lokakarya untuk para dosen dan mahasiswa, mengundang pakar untuk alih kepakaran, meningkatkan motivasi dosen dalam meneliti dan berbagai usaha lainnya yang dapat merangsang dan meningkatkan motivasi dosen untuk terus belajar sepanjang hayat dalam upaya pengembangan institusi. Proses evaluasi eksternal secara formal telah dilaksanakan dengan dilakukannya proses akreditasi. Seluruh program studi yang terdapat di STIE Kasih Bangsa telah diakreditasi. Hasil dari evaluasi baik internal maupun eksternal akan digunakan untuk perbaikan maupun pengembangan STIE Kasih Bangsa. Dengan demikian diharapkan mutu lulusan dan mutu penyelenggaraan institusi secara keseluruhan akan terus di kembangkan dan ditingkatkan. Pemanfaatan sistem teknologi informasi telah dilakukan secara efisien di lingkungan STIE Kasih Bangsa, baik dalam bidang administrasi maupun akademik. Sistem administrasi yang terkomputerisasi secara jaringan mengakibatkan proses pemasukan dan pencarian data/ informasi menjadi efisien. Tersedianya jaringan internet yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai sarana pembelajaran merupakan fasilitas bagi mahasiswa dan dosen untuk mengakses informasi-informasi terkini yang relevan dengan kebutuhan serta berinteraksi secara lebih intensif.

Saat ini seluruh staf pengajar STIE Kasih Bangsa memiliki latar belakang pendidikan S2 dan atau S3. Kualitas SDM yang relatif tinggi tersebut terus ditingkatkan melalui pengiriman dosen melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun mengikuti berbagai kegiatan ilmiah (seminar, lokakarya, dan pelatihan) di dalam dan luar negeri. Di samping berdasarkan jenjang pendidikan, tingginya kualitas SDM STIE Kasih Bangsa dapat dilihat dengan kontribusi staf pengajar dalam berbagi kegiatan yang berskala regional maupun nasional bahkan pada level internasional. Kualitas SDM yang tinggi ini tentu berdampak pada tingginya kualitas kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh STIE Kasih Bangsa yang akan menunjang peningkatan kualitas lulusan. Di samping itu, kreativitas dan komitmen SDM diharapkan dapat mendukung komitmen pimpinan jurusan dan program studi dalam melahirkan program kegiatan yang memberikan manfaat bagi STIE Kasih Bangsa.

STIE Kasih Bangsa secara konsisten memberikan beasiswa prestasi kepada seluruh mahasiswanya tanpa imbalan ataupun ikatan dinas. Konsep pemberian beasiswa di setiap semester sejak semester 1 sampai dengan semester 7 secara progresif telah mengarahkan dan memotivasi mahasiswa untuk selalu berprestasi di setiap semesternya sehingga akan lahir sarjana ekonomi yang mampu bersaing dan terserap di dunia. Pemberian beasiswa kepada seluruh mahasiswa/i STIE Kasih Bangsa bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dan mewujudkan visi STIE Kasih Bangsa dalam menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan terpercaya.

Proses Kesarjanaan Mahasiswa

grafik